TERMS & CONDITIONS

PLEASE READ THESE TERMS AND CONDITIONS CAREFULLY

CBNCloud
SYARAT DAN KETENTUAN
(untuk jenis Infrastructure as a Service)
CBNCloud
Terms And Conditions
(for Infrastructure as a Service)
Syarat dan Ketentuan ini hanya berlaku bagi Pelanggan CBNCloud, sebagaimana yang terdaftar didalam Formulir Pendaftaran CBNCloud, dengan demikian Pelanggan bersedia untuk mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan fasilitas Layanan yang disediakan oleh CBNCloud, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:This Terms and Conditions applied only for CBNCloud Customer’s as registered on CBNCloud Registration Form therefore Customer agree to obey all of regulation and prevailing provisions in the use of Services provided by CBNCloud, with the terms as follow:
Pasal 1
DEFINISI
Article 1
DEFINITION
1.1 “CBNCloud” merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Cloud Computing yang didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku di Negara Republik Indonesia, dalam hal ini bertindak sebagai penyedia jasa Layanan yang diperlukan oleh Pelanggan berdasarkan Formulir Pendaftaran yang diterima oleh CBNCloud.1.1 “CBNCloud” is the Cloud Computing Company, established based on the regulation of legislation Republic of Indonesia, and hereby act as a provider of the Service, based on Registration Form accepted by CBNCloud
1.2 “CBNCloud Infrastructure As a Service” atau untuk selanjutnya disebut sebagai “Layanan” adalah produk CBNCloud yang terfokus pada penyediaan infrastruktur untuk kegiatan komputasi Pelanggan, yang dapat berupa penyediaan tempat penyimpanan data, dan jaringan server yang diperlukan untuk mendukung kegiatan operasional bisnis Pelanggan.1.2 “CBNCloud Infrastructure as a Service” hereinafterrefered to as the Service, is a product of CBNCloud focused in provision of infrastructure of computing activities of Customer in form of data storage service and server network required for supporting Customer’s operational bussines activites
1.3 “Pelanggan” adalah pihak yang terdaftar sebagai pengguna dari Layanan yang disediakan oleh CBNCloud beserta produk turunan dari CBN Infrastructure As a Service atau pihak yang diberikan kewenangan untuk melakukan pendaftaran terhadap Layanan yang disediakan oleh CBNCloud.1.3 “Customer” is the Party who register of the Service or the Party given by authority to register of the Service provided by CBNCloud.
1.4 “Formulir Pendaftaran” adalah formulir yang digunakan oleh Pelanggan untuk melakukan pendaftaran terhadap jasa Layanan Cloud Computing. Formulir tersebut wajib dilengkapi dengan informasi-informasi yang benar dan diserahkan kepada CBNCloud sebelum proses aktivasi Layanan.1.4 “CBNCloud Registration Form” is a form which used by the Customer to register the Cloud Computing Service’s, this form is compulsory to fill by Customer before the Activation process started
1.5 “Downtime” adalah kondisi dimana Layanan yang digunakan oleh Pelanggan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu, hal tersebut diakibatkan oleh gangguan baik secara langsung maupun tidak langsung pada sistem dan infrastruktur CBNCloud.1.5 “Downtime is a temporary condition which caused disconnection of the Service that is used by Customer, which caused by direct or indirect interruption occurred in infrastructure and network system of CBNCloud
1.6 “Username” adalah identitas unik Pelanggan yang diberikan oleh CBNCloud untuk mengakses Layanan yang sesuai dengan formulir pendaftaran yang diserahkan kepada CBNCloud.1.6 Username” is a Customer’s unique identity given by CBNCloud to access the Service and will given by CBNCloud when the Customer register of the Service
1.7 “Berita Acara Aktivasi” adalah informasi tertulis yang disampaikan oleh CBNCloud kepada Pelanggan sebagai bentuk konfirmasi aktifnya Layanan secara teknis.1.7 “Activation Report is written document given by CBNCloud to Customer, informing that the Service already activated.
Pasal 2
RUANG LINGKUP
Article 2
SCOPE OF WORK
2.1 CBNCloud akan menyediakan Layanan sebagaimana yang dijanjikan dalam Formulir Pendaftaran Layanan.2.1 CBNCloud shall provide the Service as promised in the Service Registration Form
2.2 Aktivasi terhadap Layanan akan dilakukan setelah Pelanggan melakukan pembayaran dimuka berdasarkan tagihan yang dikirimkan oleh CBNCloud kepada Pelanggan, dan akan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Aktivasi oleh kedua belah Pihak.2.2 Activation of the Service will be conducted after the Customer settle the down payment based on the invoice sent by CBNCloud to the Customer and will be evidenced by the signed Activation Report by the Parties.
2.3 Pelanggan terdaftar sebagai pengguna dari fasilitas produk CBNCloud Infrastructure As a Service dengan informasi yang telah diketahui oleh Pelanggan sebagaimana yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran atau lampiran-lampiran (jika ada).2.3The Customer is registered as user of CBNCloud Infrastructur as a Service with the information as known by Customer as cited in the Registration form or its attachment if any
2.4 CBNCloud hanya menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan dalam penerapan teknologi cloud computing yang digunakan oleh Pelanggan, sehingga CBNCloud tidak bertanggung jawab terhadap aplikasi, content dan perangkat lunak (software) yang digunakan oleh Pelanggan.2.4 CBNCloud shall only provide infrastructure require in the implementation of cloud computing technology used by the Customer, therefore CBNCloud shall not responsible for any applications content and software used by the Customer
2.5 CBNCloud bertanggung jawab terhadap kualitas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sesuai dengan Service Level Agreement yang diperjanjikan dalam setiap Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sebagaimana dimaksud dalam Bagia Service Level Agreement pada Syarat dan Ketentuan ini2.5 CBNCloud shall take responsibility for the quality of the Service used by Customer based on the Service Level Agreement in every CBNCloud Service as mentioned in the Service Level Agreement section of this Terms and Conditions
2.6 Pelanggan dengan ini memahami segala resiko atas penggunaan Layanan yang disediakan oleh CBNCloud, untuk itu Pelanggan bersedia membebaskan CBNCloud dari segala bentuk tuntutan hukum baik permintaan ganti kerugian akibat resiko tersebut beserta pertanggungjawaban sebagai penyedia jasa dalam hal terjadinya Keadaan Kahar (Force Majeure) dalam pelaksanaan penyediaan Layanan kepada Pelanggan.2.6 Customer hereby understands and aware of any risk on using the Service’s or incapability of the Service’s provided, therefore Customer releases CBNCloud for any loss or responsibility due to such risk and responsibility as the Service provider in the event of Force Majeure
Pasal 3
PERNYATAAN DAN JAMINAN
Article 3
REPRESENTATION AND WARRANTIES
3.1 Dalam pelaksanaan penggunaan Layanan, dengan ini Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa:
a. Pelanggan tidak akan menggunakan setiap Hak Atas Kekayaan Intelektual yang terkandung didalam penyediaan Layanan, baik secara sebagian ataupun secara menyeluruh tanpa persetujuan tertulis dari CBNCloud;
b. Pelanggan tidak akan melakukan kegiatan hacking, spamming dan tindakan lain yang dianggap berbahaya dan mengganggu operasional Layanan serta infrastruktur, software, aplikasi dan jaringan yang dimiliki oleh CBNCloud;
c. Pelanggan dengan ini memahami bahwa CBNCloud bertindak sebatas penyedia jasa dan oleh karenanya Pelanggan membebaskan CBNCloud dari tuntutan hukum termasuk permintaan ganti rugi terhadap pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual milik Pelanggan yang digunakan didalam Layanan, yang dilakukan oleh pengguna lain tanpa adanya suatu persetujuan dari pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual.
d. Pelanggan akan menggunakan Layanan sebagaimana tujuannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan oleh karenanya apabila Layanan digunakan sebagai alat bantu dalam hal melakukan tindak kejahatan atau pelanggaran hukum, maka Pelanggan akan membebaskan CBNCloud dari segala bentuk gugatan hukum termasuk gugatan ganti kerugian yang timbul dari atau sehubungan dengan tindak kejahatan atau pelanggaran hukum tersebut
3.1 In using the Service, the Customer hereby state and warrants as follows:
a. The Customer will not use partially or in whole of intelectual property rights contained in this Terms and Conditions even the Intelectual property rights owned by CBNCloud or another user of the Service without written consent of the respective party
b. Customer shall not conduct spamming and hacking activities and any activities which considered dangerous and may disturb the Service and the infrastructure, software, application, and network owned by CBNCloud
c. The Customer hereby acknowledge that CBNCloud act merely as the Service provider therefore the Customer hereby agree to indemnify CBNCloud from any claim of loss toward any violation of Intelectual Property Rights used in the Service conducted by any other user without approval from the rightful owner of such Intelectual Property Rights
d. The Customer shall use the Service as its purpose in accordance with the prevailing regulation in the Republic of Indonesia and therefore if the Service is used as an accessory to a crime or violation of laws, the Customer shall indemnify CBNCloud from any legal claim including the claim of damages arising from or in relation to such crime or violation of laws
Pasal 4
HAK DAN KEWAJIBAN
Article 4

RIGHTS AND OBLIGATION

4.1 Hak dan Kewajiban Pelanggan:4.1 Rights and Obligation of the Customer
4.1.1 Pelanggan dilarang untuk mengalihkan Layanan yang digunakan kepada Pihak Ketiga atau pihak lainnya yang tidak berkepentingan didalam Syarat dan Ketentuan ini ,tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu oleh CBNCloud.4.1.1 Customer is not allowed to assign the Service used to any third party or any unauthorized party in this Terms and Conditions without prior written notice from CBNCloud;
4.1.2 Selama masa berlanggnan Pelanggan wajib membuat backup data dan atau salinan terhadap data, informasi, termasuk dokumen-dokumen yang dicantumkan kedalam Layanan selama masa berlangganan.4.1.2 During the time of Service subscription Customer shall make a backup and or copies of data or the information including documents contained in the Service
4.1.3 Pelanggan memberikan izin kepada CBNCloud atau wakilnya yang ditunjuk sesuai dengan kewenangannya untuk memasuki fasilitas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sehubungan dengan proses pemeliharaan dan perbaikan terhadap fasilitas Layanan, dengan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada Pelanggan4.1.3 Customer hereby grant approval to CBNCloud or its representative to conduct schedule maintenance or other activities, which are deem necessary to improve Service Quality and internal security. Schedule maintenance shall be informed with the written notification to Customer
4.1.4 Pelanggan mempunyai kewajiban untuk mnunjuk seorang administrator yag akan menjadi PIC teknis untuk berhubungan dengan CBNCloud. PIC tersebut akan mewakili Pelanggan terkait dengan manajemen terhadap layanan yang digunakan4.1.4 Customer shall have the obligation to appoint administrator to become technical contact person representing Customer to communicate with CBNCloud regarding the management of the Service used
4.1.5 Pelanggan dapat mengajukan perubahan Layanan (baik upgrade maupun downgrade) setelah terlebih dahulu mengajukan permohonan tertulis kepada CBNCloud paling lambat 14 (empat belas) hari kalender kerja sebelum tanggal dimulainya Layanan yang diinginkan. Perubahan akan efektif pada hari pertama kerja di awal bulan dan Pelanggan wajib membayar segala pembayaran sebagai akibat dari adanya perubahan Layanan tersebut.4.1.5 Customer may request to change the service(either upgrade or downgrade), by priorly request made in writing to CBNCloud at the latest 14 (fourteen) calendar days prior the requested Service change date. Change shall be effective by the 1st (first) working day of the preceding month and Customer shall pay any costs required due to change of the Service requested
4.1.6 Pelanggan mempunyai kewajiban untuk melakukan pembayaran atas Biaya Pendaftaran dan Biaya Berlangganan termasuk biaya-biaya lain yang timbul dari penggunaan Layanan, sesuai dengan faktur tagihan yang dikirimkan oleh CBNCloud kepada Pelanggan4.1.6 The Customer shall pay the Registration Fee and the Subcription Fee including other fees arising from the usage of the Service in ccordance with invoice sent by CBNCloud to Customer
4.1.7 Pelanggan berhak untuk menikmati segala manfaat dan keuntungan yang diperoleh melalui penyediaan Layanan ini sesuai dengan jenis Layanan masing-masing dengan memperhatikan hukum dan peraturan yang berlaku diwilayah hukum Republik Indonesia.4.1.7 Customer has the rights to enjoy the benefit of the Services in accordance with the respective Service’s and in accordance with the prevailing laws of the Republic of Indonesia.
4.2 Hak dan Kewajiban CBNCloud:4.2 Rights and Obligations of CBNCloud
4.2.1 CBNCloud mempunyai kewajiban untuk menyediakan Layanan sebagaimana yang diperjanjikan.4.2.1 CBNCloud shall provide the Service according to This Terms and Conditions.
4.2.2 CBNCloud mempunyai kewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan setiap data, dokumen, informasi atau catatan-catatan dalam bentuk media apapun terkait dengan adanya Syarat dan Ketentuan ini, hal-hal yang dilingkupi dalam Syarat dan Ketentuan ini atau yang disebut sebagai “Informasi Rahasia” atau sehubungan dengan Pelanggan, kecuali untuk tujuan penyelidikan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia termasuk pejabat-pejabat hukum yang berwenang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang beralaku di Negara Republik Indonesia. Pengungkapan atas Informasi Rahasia tersebut akan diinformasikan kepada Pelanggan baik secara lisan maupun secara tertulis.4.2.2 CBNCloud shall not disclose or use any data, documents, information or records, in whatever form or medium, regarding the existence of this Terms and Conditions, the matters covered in this Terms and Conditions (the “Confidential Information”) or connected to the Customer, except for the purpose of police investigation by the Police of the Republic of Indonesia or other conditions pursuant of the prevailing laws and regulations if the disclosure of the Confidential Information required by the prevailing laws and regulations, then CBNCloud has to inform the Customer about such disclosure immediately.
4.2.3 CBNCloud berhak memutuskan Layanan yang digunakan oleh Pelanggan untuk sementara waktu sebagai akibat adanya Keadaan Kahar yang mana dapat membahayakan baik CBNCloud maupun Pelanggan termasuk belum dibayarnya kewajiban pembayaran atas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan.4.2.3 CBNCloud reserves the rights to temporary disconnect the service during or as a result of Force Majeure, which could harm CBNCloud or Customer or as the result of Custumer failure to settle the payment of the Service used by Customer
4.2.4 CBNCloud bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perbaikan sebatas pada kerusakan atau gangguan pada saluran dan fasilitas milik CBNCloud. Apabila kerusakan atau gangguan tersebut disebabkan oleh kesalahan, kesengajaan, termasuk kelalaian yang dilakukan oleh Pelanggan, maka CBNCloud berhak memungut biaya perbaikan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.4.2.4 CBNCloud responsible to conduct the maintenance and repair limited only to damage or interruption of facilities of the Service provided by CBNCloud, if the damage or interruption caused by the fault, or omission conducted by Customer, CBNCloud has the rights to charge of the repair fee in as agreed by Parties
4.2.5 CBNCloud tidak bertanggung jawab atas kebenaran, keakuratan, kerahasian dan atau kualitas informasi-informasi yang diberikan oleh Pelanggan melalui fasilitas Layanan yang digunakan4.2.5 CBNCloud shall not be liable of the accuracy, confidentiality, or the quality of the Information was distributed by Customer using the CBNCloud Service.
4.2.6 CBNCloud tidak bertanggung jawab atas kerugian-kerugian yang dialami oleh Pelanggan yang diakibatkan oleh penggunaan Layanan CBNCloud.4.2.6 CBNCloud shall not be liable for the damages incurrec by Customer caused by use of the Service.
Pasal 5
KEGIATAN YANG DILARANG
Article 5
PROHIBITED ACTIVITIES
Dalam penggunaan Layanan ini terdapat beberapa hal yang dilarang adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:There are some Prohibited activities in using the Service, as follows:
5.1 Pelanggan dilarang menyimpan, menyebarkan dan menggunakan materi yang mengandung, menyinggung, atau berhubungan dengan pornografi, sentimen suku, agama, ras dan antar golongan, perdagangan manusia, perjudian, serta tindakan lain yang secara umum bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.Customer is not allowed to save, to share, and to use any material that contain, offend and related with pornografi, the sentiment of tribes, religion, human traficking, gambling, and any other measure that is in general contradict to the prevailing laws of the Republic of Indonesia
5.2 Pelanggan dilarang untuk melakukan Pemalsuan Identitas dengan cara apapun sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pihak yang berkepentingan.5.2 Customer is prohibited to commit forgery of identity in any manner that causing inconvenience to the interested party
Pasal 6
JANGKA WAKTU LAYANAN
Article 6
TERMS OF THE SERVICES
6.1 Jangka waktu Layanan ini berlaku selama 12 (dua belas) bulan terhitung dari tanggal yang tercantum dalam Berita Acara Aktivasi (“Masa Layanan”)6.1 This Service’s is valid for 12 (twelve) months since from the date as stipulated in the Activation Report (The Service Period)
6.2 Masa Layanan sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat 1 akan diperpanjang secara otomatis untuk 12 (dua belas) bulan berikutnya, dengan persetujuan dari Pelanggan dan akan diberitahukan secara tertulis dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari kalender kerja sebelum berakhirnya Masa Layanan.6.2 The Service Period as described in subsection (1) will automatically extended for the subsequent 12 (twelve) months and Customer will be informed in 14 (fourteen) calender days prior to the expiration of the Service Period
Pasal 7
BIAYA DAN PEMBAYARAN
Article 7
FEE AND PAYMENT
7.1 Pelanggan memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas Biaya Pendaftaran dan Instalasi satu kali dimuka berdasarkan faktur tagihan yang dikirimkan oleh CBNCloud kepada Pelanggan, dan wajib dilunasi sebelum Layanan diaktifkan.7.1 Customer shall pay Registration and Installation Fee, which should be made in advance before the Services active and based on invoice received by the Customer.
7.2 Pelanggan memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas Biaya Berlangganan, atas Biaya Berlangganan setiap bulannya berdasarkan faktur tagihan yang diterima Pelanggan dari CBNCloud dan wajib dilunasi paling lambat setiap tanggal 25 (dua puluh lima) bulan tersebut7.2 Customer shall pay Subscription Fee each month, based in the invoice bill received by Customer from CMP and shall be paid no later than 25th (twenty fifth) of the month.
7.3 Setiap fasilitas tambahan atau perubahan fasilitas yang diminta oleh Pelanggan akan dikenakan biaya administrasi.7.3 Extra Charge (plus administration fee required) for any extra service requested by Customer
7.4 Keseluruhan biaya dan atau tarif yang dicantumkan dalam Syarat dan Ketentuan ini belum termasuk pajak yang akan menjadi tanggung jawab Para Pihak sesuai dengan ketetentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negera Republik Indonesia.7.4 All fees and/or cost stipulated on this Terms and Conditions exclude taxes and shall be borne by the Parties according to the prevailing laws and regulations.
7.5 CBNCloud berhak untuk melakukan pemutusan sementara terhadap Layanan beserta fasilitas-fasilias yang digunakan oleh Pelanggan, jika diketahui Pelanggan telah melakukan kelalaian berupa kewajiban pembayaran berdasarkan faktur yang diterima Pelanggan.CBNCloud has the right to temporary disconnect the Services and its facilities if after the Services is activated and could be accepted by the Customer, the Customer failed to settle outstanding account according to the Subscription Fee.
Pasal 8
PENGAKUAN
Article 8
ACKNOWLEDGEMENT
CBNCloud hanya mengakui Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini sebagai dasar perikatan dengan Pelanggan didalam penyediaan Layanan oleh CBNCloud, oleh karenanya apabila dikemudian hari terdapat perselisihan dengan pihak ketiga atau pihak manapun yang tidak berkepentingan dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka CBNCloud dibebaskan dari segala tuntutan hukum atau ganti kerugian secara materil dan imateril yang timbul sebagai akibat dari adanya perselisihan tersebut.CBNCloud only acknowledge this Subscription Terms and Conditions as its engagement base with the Customer in providing the Service therefore if in the future there have been dispute with another party or third party who is not authorized in this Terms and Conditions, CBNCloud shall be released from any legal claim or lawsuits arising out from such dispute.
Pasal 9
PENGAKHIRAN PERJANJIAN
Article 9
TERMINATION OF THE SERVICE
9.1 Apabila sewaktu-waktu Pelanggan menginginkan pengakhiran Layanan sebelum tanggal berakhirnya Layanan, Pelanggan wajib terlebih dahulu memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender kerja sebelum tanggal berakhirnya Layanan.9.1 If the Customer wish to terminate the Service before the expiration of the Service Period, Customer shall give prior notification 14 (fourteen) calendar days before the end of the expiration date and shall pay total subscription fee for any period unused.
9.2 CBNCloud berhak untuk membekukan atau memutuskan Layanan sebelum Pelanggan menyatakan untuk berhenti berlangganan dalam keadaan :
9.2.1 Pelanggan lalai melunasi kewajibannya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh CBNCloud;
9.2.2 Pelanggan telah melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini;
9.2.3 Adanya permintaan dari pejabat penyidik negara guna kepentingan penyidikan sesuai peraturan dan hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan
9.2.4 Pembekuan atau pemutusan layanan akan diikuti/didahului dengan pemberitahuan/peringatan kepada Pelanggan.
9.2 CBN has the rights to suspend or terminate the Internet Service under the Following condition:
9.2.1. Customer’s negligence to paying obligations in accordance with the procedures specified by the CBNCloud;
9.2.2. Customers have been violations of restrictions as is stipulated in the Terms and Conditions;9.2.3. request has been made by Indonesian authority which required for official investigation of serious criminal action or any violation of Indonesian Laws.9.2.4. Notification shall be made prior to disconnection.
9.3. Segala hak dan kewajiban yang masih menjadi tanggung jawab Masing-masing Pihak yang belum terselesaikan dan telah timbul sebelum diakhirinya Syarat dan Ketentuan tetap menjadi tanggung jawab Masing-masing Pihak untuk menyelesaikannya.9.3 Any rights and obligations of each of the Parties which have not been exercised or fulfilled, shall remain the responsibilities of each Party.
9.4. Atas pengakhiran Layanan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer).9.4 The Parties agree to expressly waive the provisions of article 1266 and 1267 of the Indonesian Civil Code.
Pasal 10
HUKUM DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Article 10
APPLICABLE LAW AND DISPUTE SETTLEMENT
10.1 Isi dan pelaksanaan ketentuan ini tunduk kepada peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah jurisdiksi Republik Indonesia.10.1 Clause dan the implementation of the Terms and Conditions shal governed under the law of the Republic of Indonesia.
10.2 Setiap perselisihan yang timbul antara CBNCloud dan Pelanggan akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat antara kedua pihak tanpa melibatkan pihak ketiga manapun yang tidak berkepentingan langsung.10.2 Any dispute between CBNClod and Customer, arising from or in connection with this Terms and Conditions (”dispute”), shall be settled by mutual discussions between the Parties.
10.3 Apabila CBNCloud dan Pelanggan tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka CBNCloud dan Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.10.3 If CBNCloud and Customer can not settle such dispute by mutual discussion, CBNCloud and Customer agreed to settle such dispute through South Jakarta District Court
Pasal 11
KETENTUAN LAIN-LAIN
Article 11
MISSCELLANEOUS PROVISION
11.1 Keadaan Kahar
Para Pihak tidak dapat diminta pertanggungjawabannya untuk keterlambatan atau kegagalan untuk memenuhi kewajibannya, yang disebabkan oleh hal-hal diluar kekuasaan Para Pihak, seperti :
a. Bencana alam, kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor;
b. Wabah penyakit;
c. Perang, perang saudara, pemberontakan, huru-hara, penjarahan masal, sabotase, peledakan bom, pemogokan buruh atau blokade;
d. Pengambilalihan atau penyitaan perusahaan oleh Pemerintah atau otoritas yang berwenang, dan;
e. Pemberlakuan atau perubahan peraturan perundang-undangan ;
Yang kesemuanya memiliki pengaruh langsung terhadap pelaksanaan
ketentuan Syarat dan Ketentuan.
Apabila Pihak yang mengalami terjadinya Keadaan Kahar, setelah melakukan upaya yang maksimal tetap tidak dapat melaksanakan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, maka Para Pihak akan melakukan perundingan untuk mengatasi masalah tersebut untuk mencapai solusi yang saling menguntungkan bagi Para Pihak.
11.1 Each of the Parties is not liable for the delay or failure to fulfill its responsibility, caused by the following matters:
a. Natural disaster, fire, earthquake, flood, landslide;
b. An epidemic disease;
c. War, civil war, rebellion, riots, lootings, sabotage, bombings, disturbance as the result of terrorism act;
d. Company take over or confiscation by the Government or the authority, and;
e. The enforcement or amendment of laws and regulations;
All which have a direct effect toward the implementation of the terms and conditions of this This Terms and Conditions.
On the event where a Party experiencing force majeure, soon after taking maximum measurements and still is unable to tulfill the Terms and Conditions, therefore the Parties shall conduct a negotiation to resolve the problem for the best solution for both Parties.
11.2 Kerahasiaan
Masing-masing Pihak mengetahui bahwa setiap informasi yang diperolehnya mengenai atau terkait dengan kegiatan usaha Pihak lawannya yang diterima sebagai akibat dari pelaksanaan Syarat dan Ketentuan adalah merupakan informasi rahasia atau informasi yang mungkin dianggap Pihak lawannya sebagai informasi rahasia. Oleh karena itu masing-masing Pihak wajib menjaga kerahasiaan informasi tersebut dan tidak akan, tanpa persetujuan Pihak lawannya, membukanya kepada pihak ketiga lainnya untuk maksud apapun selain yang diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
11.2 Confidentially
Every Party who knows that every Information obtained regarding or related to the activity of its counterpart, which was received as the effect of the conduct of this Contract is the information under secrecy of the information, which may consider by the counterpart under secrecy. Therefore each Party must preserve the secrecy of the information and shall not, without the consent of the other Party (the counterpart) disclose the information to the third party for any purpose other than which was permitted to by the prevailing Law.
11.3 Terjemahan Bahasa Inggris dalam Syarat dan Ketentuan ini dibuat hanya untuk membantu Pelanggan mengerti isi Syarat dan Ketentuan. Oleh karena itu apabila disuatu hari ada permasalahan yang timbul maka Para Pihak sepakat bahwa Syarat dan Ketentuan dengan bahasa Indonesia yang berlaku mengikat dan berkekuatan hukum.11.3 The English translation of This Terms and Conditions is made to assist Customer in understanding the content of This Terms and Conditions If Any dispute arise regarding the execution of This Terms and Conditions, The Parties shall agree that the bahasa Indonesia version shall govern and bind to The Parties
SERVICE LEVEL AGREEMENTUNTUK SISTEM PEMBAYARAN POSTPAID
Pasal 12
SERVICE LEVEL AGREEMENTFOR POSTPAID PAYMENT SYSTEM
Article 12
12.1 CBNCloud memberikan jaminan kepada Pelanggan untuk dapat menggunakan Layanan selama 24 (dua puluh empat jam) setiap harinya, dengan kondisi layanan minimal 99,5%, atau maksimal total downtime 3 jam 36 menit setiap 30 (tigapuluh) hari kalender12.1 CBNCloud will guarantee the Customer to use the CBNCloud Service for 24 (twenty four) hours each days, with the Srvice condition of a minimum 99,5% (ninety nine point five percent) or a maximum total downtime of 3 hours 36 minutes every 30 (thirty) calendar days
 12.2 Pelanggan berhak untuk mendapatkan penyesuaian tagihan atau restitusi apabila terjadi downtime yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya dengan perhitungan penyesuaian sebagai berikutSLB             = (hM – Dt) x 100%

hM

R                 = ( SLA – SLB) x MC

Dt   = jumlah downtime (jam/menit) dalam satu bulan kalender

hM = jumlah waktu (jam/menit) dalam satu bulan kalender

 MC             = biaya bulanan

SLB             = Service Level yang terjadi perbulan

SLA = Service Level Agreement (99,5%)

R     = Jumlah Restitusi yang diberikan

12.2     The Customer is entitled to a fee adjustment in  downtime occured, which will be calculated in the subsequent month’s fee with the formula as follows :SLB             = (hM – Dt) x 100%

hM

R                 = ( SLA – SLB) x MC

Dt   = the amount of downtime (hour/minute) in one month calendar

hM = amount of time (hour/minute) in one month calendar

MC = Monthly Charge

SLB             = Actual service level permonth

SLA = Service Level Agreement (99,5%)

R     = Amount of restitution given

12.3 Restitusi yang dimaksud dalam ayat ini tidak berlaku dalam hal keadaan Force Majeure dan downtime disebabkan kelalaian Pelanggan12.3 Restitution as mentioned in this provision shall not prevail in Force Majeure event and in the event that the downtime is caused by Customer negligence .
12.4 Pelanggan wajib memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 30 hari dan sesegera mungkin memberitahukan via email, faksimili maupun telepon sejak terjadinya downtime12.4. The Customer shall give a written notification not later than 30 days and immediately inform via email, faximile or phone since the downtime occured
12.5 Restitusi hanya dapat dihitung pada waktu dimana downtime terjadi12.5. The restitution shall only be calculated in time when the downtime occured
12.6 Restitusi dikompensasikan sebagai penyesuaian kredit pada tagihan bulan berikutnya12.6 Restitution will be compensated as the fee adjustment on the subsequent monthly invoice
UNTUK SISTEM PEMBAYARAN PREPAID
Pasal 13
FOR POSTPAID PAYMENT SYSTEM
Article 13
13.1. CBNCloud memberikan jaminan kepada Pelanggan untuk dapat menggunakan Layanan CBNCloud selama 24 (dua puluh empat jam) setiap harinya, dengan kondisi layanan minimal 99,5%, atau maksimal total downtime 3 jam 36 menit setiap 30 (tigapuluh) hari kalender13.1. CBNCloud will guarantee the Customer to use the CBNCloud Service for 24 (twenty four) hours each days, with the Srvice condition of a minimum 99,5% (ninety nine point five percent) or a maximum total downtime of 3 hours 36 minutes every 30 (thirty) calendar days
13.2 Pelanggan berhak untuk mendapatkan penambahan masa berlangganan atau restitusi apabila terjadi downtime lebih dari Service Level Agreement yang diberikan dengan perhitungan sebagai berikut:
R = Dt – DtSLAmax
R = Penambahan masa berlangganan (dalam hitungan jam-menit-detik)
Dt = Jumlah downtime yang terjadi selama berlangganan (dalam hitungan jam- menit-detik)
DtSLAmax = jumlah maksimal downtime yang dijanjikan menurut Service Level Agreement dikalikan jumlah bulan masa berlangganan sesuai jenis paket prabayar yang digunakan (dalam hitungan jam-menit-detik)
Apabila jumlah penambahan masa berlangganan kurang dari 24 jam, maka penambahan masa berlangganan yang diberikan adalah selama 1 (satu) hariContoh:
Pelanggan A berlangganan layanan dengan prabayar paket 1 bulan
Downtime yang terjadi selama Pelanggan A berlangganan adalah 5 jam 36 menit
Maka perhitungan penambahan masa berlangganan yang diperoleh A adalah sebagai berikut
Dt = 5 jam 36 menit/DtSLAmax = 3 jam 36 menit x 1 = 3 jam 36 menitPenambahan masa berlangganan adalah
R = Dt – DtSLAmax
= 5 jam 36 menit – 3 jam 36 menit = 2 jam
Dikarenakan R = 2 jam = kurang dari 24 jam, maka penambahan masa berlangganan yang diberikan adalah selama 1 (satu) hari
13.2. The Customer shall be entitled to subscription period extention or restitution if downtime occured more then the guaranteed Service Level Agreement , which will be calculated with the formula as follows :
R = Dt – DtSLAmax
R = subscription period extention (hour-minute- second based)
Dt = amount of downtime occured during subscription period (hour-minute- second based)
DtSLAmax = /maximum amount of downtime guaranteed based on the Service Level Agreement multiplied by amount of months according to prepaid packages used
If the subscription period extention less than 24 hours, then the subscription period extention given will be 1 dayExample:
Customer A is subscribing a 1 month prepaid packages service
Occured downtime during Customer A subscription period is 5 hours 36 minutes
the calculation of subcription period extention given to A is as follows
Dt = hours 36 minutes
DtSLAmax = 3 hours 36 minutes x 1 = 3 hours 36 minutessubcription period extention shall be
R = Dt – DtSLAmax
= 5 hours 36 minutes-3 hours 36 minutes = 2 hours
Due to the reason that R = 2 hours = less then 24 hours, the subscription period extention shall be 24 hours
13.3. Restitusi yang dimaksud dalam ayat ini tidak berlaku dalam hal keadaan Force Majeure dan kerusakan disebabkan kelalaian Pelanggan13.3. Restitution as mentioned in this provision shall not prevail in Force Majeure event and in the event that the downtime is caused by Customer negligence
13.4. Pelanggan wajib memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 30 hari dan sesegera mungkin memberitahukan via email, faksimili maupun telepon sejak terjadinya downtime13.4. The Customer shall give a written notification not later than 30 days and immediately inform via email, faximile or phone since the downtime occured
13.5. Restitusi hanya dapat dihitung pada waktu dimana downtime terjadi13.5. The restitution shall only be calculated in time when the downtime occured
CBNCloud
SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU
CBNCloud
Terms And Conditions
Syarat dan Ketentuan ini hanya berlaku bagi Pelanggan CBNCloud, sebagaimana yang terdaftar didalam Formulir Pendaftaran CBNCloud, dengan demikian Pelanggan bersedia untuk mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan fasilitas Layanan yang disediakan oleh CBNCloud, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:This Terms and Conditions applied only for CBNCloud Customer’s as registered on CBNCloud Registration Form therefore Customer agree to obey all of regulation and prevailing provisions in the use of Services provided by CBNCloud, with the terms as follow:
Pasal 1
DEFINISI
Article 1
DEFINITIONS
1.1 “Pelanggan” adalah pihak yang mendaftar fasilitas Layanan atau pihak yang diberikan kewenangan untuk melakukan pendaftaran terhadap jasa Layanan yang disediakan oleh CBNCloud.1.1 “Customer” is the Party who register of the Service or the Party given by authority to register of the Service provided by CBNCloud.
1.2 “CBNCloud” merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Cloud Computing yang didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku di Negara Republik Indonesia, dalam hal ini bertindak sebagai penyedia jasa Layanan yang diperlukan oleh Pelanggan berdasarkan Formulir Pendaftaran yang diterima oleh CBNCloud.1.2 “CBNCloud is the Cloud Computing Company, established based on the regulation of legislation Republic of Indonesia, and hereby act as a provider of the Service, based on Registration Form accepted by CBNCloud.
1.3 “Formulir Pendaftaran Layanan CBNCloud adalah formulir yang digunakan oleh Pelanggan untuk melakukan pendaftaran terhadap jasa Layanan Cloud Computing. Formulir tersebut wajib dilengkapi dengan informasi-informasi yang benar dan diserahkan kepada CBNCloud sebelum proses aktivasi Layanan dapat dilakukan”1.3 “CBNCloud Registration Form” is a form which used by the Customer to register the Cloud Computing Service’s, this form is compulsory to fill by Customer before the Activation process started
1.4 “Berita Acara Aktivasi” adalah informasi tertulis yang disampaikan oleh CBNCloud kepada Pelanggan sebagai bentuk konfirmasi aktifnya Layanan secara teknis.1.4 “Activation Report” is written document given by CBNCloud to Customer, informing that the Service already activated.
1.5 “Downtime” adalah kondisi sementara yang menyebabkan terputusnya Layanan yang digunakan oleh Pelanggan yang diakibatkan adanya gangguan pada infrastruktur dan sistem jaringan CBNCloud, sehingga mengakibatkan Pelanggan tidak dapat menggunakan Layanan yang diberikan.1.5 “Downtime is a temporary condition which caused disconnection of the Service that is used by Customer, which caused by interruption occurred in Infrastructure and network system of CBNCloud.
1.6 “Username” identitas unik Pelanggan yang diberikan oleh CBNCloud untuk mengakses fasilitas Layanan yang digunakan dan diberikan pada saat Pelanggan mendaftarkan Layanan ke CBNCloud.1.6 “Username” is a Customer’s unique identity given by CBNCloud to access the Service and will given by CBNCloud when the Customer register of the Service.
1.7 “CBNCloud Software As a Service” untuk selanjutnya disebut sebagai “Layanan” adalah jasa Layanan yang disediakan oleh CBNCloud dengan varian aplikasi perangkat lunak yang terdapat didalam data CBNCloud, Pelanggan tidak perlu membeli lisensi software atau tambahan peralatan untuk menggunakan layanan karena berada dalam sistem virtual database yang dimiliki oleh CBNCloud.1.7 “CBNCloud Software as a service” hereinafter referred to as the Service, is a cloud computing service’s provided by CBNCloud with the variant software application in database of CBNCloud, Customer not necessary to by the Licenses of Software or adding equipment to use the service because the software is already availble is in virtual system database of CBNCloud
Pasal 2
FASILITAS JASA LAYANAN
Article 2
FACILITIES OF THE SERVICE
2.1 CBNCloud sepakat untuk menyediakan fasilitas jasa Layanan, dalam hal ini adalah CBNCloud Software As a Service termasuk produk turunannya sesuai dengan kebutuhan Pelanggan berdasarkan Formulir Pendaftaran yang telah diterima oleh CBNCloud.2.1 CBNCloud agree to provide facilities of the Service’s in this form of CBNCloud Software As a Service including but not limited to all of derivative product based on Registration Form which had been submitted by Customer to CBNCloud.
2.2 Penyediaan fasilitas jasa Layanan yang disediakan oleh CBNCloud akan dilakukan sesuai dengan konfigurasi teknis yang telah disepakati.2.2 Facilities of the Service’s provided by CBNCloud will be conducted in accordance with technical configuration previously agreed by the Parties
Pasal 3
RUANG LINGKUP
Article 3
SCOPE OF WORK
3.1 Aktivasi Layanan akan dilakukan setelah Pelanggan menandatangani Formulir Pendaftaran dan melunasi kewajiban pembayaran. Aktivasi layanan akan dibuktikan dengan penandatanganan Berita Acara Aktivasi oleh kedua belah pihak.3.1 Activation of the Service will be conducted after the Customer sign the Registration Form and settle the Payment. Activation of the service will be evidenced by the signed Activation Report by the Parties.
3.2 CBNCloud hanya menyediakan aplikasi sebatas pada aplikasi software, oleh sebab itu CBNCloud tidak bertanggung jawab atas segala aktivitas username-nya dan wajib menjaga kerahasiaan password-nya masing-masing, termasuk penggunaan, modifikasi dan distribusi aplikasi lain yang dilakukan sendiri oleh Pelanggan serta pertanggungjawaban dari sisi hukum baik tuntutan ataupun gugatan hukum yang timbul dari adanya tindakan tersebut.3.2 CBNCloud will only provide application limited to the software application therefore Customer obliged to take responsibility for all activities on behalf of the respective Username and the secrecy of the Password, including the use of modifications and distribution of other applications that is performed by the Customer and legal responsibilities (either claim or suit) arising from such activites
3.3 Pelanggan menggunakan fasilitas jasa Layanan CBNCloud Software As a Service dengan detail informasi yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran dan lampiran-lampirannya jika ada.3.3 Customer using the facilities of the CBNCloud Software As a Service with the information as detailed in Registration Form and in the attachments (if any).
3.4 CBNCloud tidak bertanggung jawab atas berkurangnya kualitas Layanan sehubungan dengan peralatan serta perlengkapan lain termasuk jaringan koneksi internet yang digunakan oleh Pelanggan untuk menikmati Layanan sehubungan dengan ketidakcocokan penggunaan Layanan atau adanya gangguan yang timbul dari Pihak Ketiga manapun, gangguan pada backbone internet atau dalam hal dilaksanakannya tindakan pengamanan darurat dan peristiwa lainnya yang terjadi diluar kendali (Keadaan Kahar) CBNCloud sebagai penyedia jasa Layanan.3.4 CBNCloud shall not be responsible for the decrease of the service quality as the result of Customer equipment performance including of the internet network Connection that required to use the Service’s, error or incompatibility of Service’s on any third party, internet backbone problems, or in case of emergency security measure and other events occurred beyond CBNCloud capability as the Services provider (force majeure).
3.5 CBNCloud bertanggung jawab atas kualitas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sesuai dengan Service Level Agreement yang tercantum dalam setiap Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sebagaimana dimksud dalam Bagian Service Level Agreement pada Syarat dan Ketentuan ini .3.5 CBNCloud shall take responsibility for the quality of the Service used by Customer based on the Service Level Agreement in every CBNCloud Service as mentioned in Service Level Agreement section of this Terms and Condition .
3.6 Pelanggan dengan ini memahami segala resiko atas penggunaan atau ketidaksanggupan Layanan yang disediakan oleh CBNCloud, untuk itu Pelanggan bersedia membebaskan CBNCloud dari segala tuntutan ganti rugi serta tanggung jawab yang timbul sebagai akibat adanya resiko tersebut.3.6 Customer hereby understands and aware of any risk on using the Service’s or incapability of the Service’s provided, therefore Customer releases CBNCloud for any claim of loss or responsibility due to such risk.
Pasal 4
HAK DAN KEWAJIBAN
Article 4
RIGHTS AND OBLIGATIONS
4.1 Hak dan Kewajiban Pelanggan:4.1 Customer Rights and Obligation:
4.1.1 Pelanggan dilarang untuk mengalihkan Layanan yang digunakan kepada Pihak Ketiga atau pihak lainnya yang tidak berkepentingan didalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu oleh CBNCloud.4.1.1 Customer is not allowed to assign the Service used to any third party or any unauthorized party in this Terms and Conditions without prior written notice from CBNCloud;
4.1.2 Selama masa berlangganan Pelanggan wajib membuat backup dan atau salinan terhadap data, informasi, termasuk dokumen-dokumen yang dicantumkan kedalam Layanan selama masa berlangganan.4.1.2 During the time of Service subscription Customer shall make a backup and or copies of data or the information including documents contained in the Service
4.1.3 Pelanggan memberikan izin kepada CBNCloud atau wakilnya yang ditunjuk sesuai dengan kewenangannya untuk memasuki fasilitas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan sehubungan dengan proses pemeliharaan dan perbaikan terhadap fasilitas Layanan, dengan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada Pelanggan.4.1.3 Customer hereby grant approval to CBNCloud or its representative to conduct schedule maintenance or other activities, which are deem necessary to improve Service Quality and internal security. Schedule maintenance shall be informed with the written notification to Customer;
4.1.4 Pelanggan mempunyai kewajiban untuk menunjuk seorang administrator yang akan menjadi PIC teknis untuk berhubungan dengan CBNCloud, PIC tersebut akan mewakili Pelanggan terkait dengan manajemen terhadap Layanan yang digunakan.4.1.4 Customer shall have the obligation to appoint administrator to become technical contact person representing Customer to communicate with CBNCloud regarding the management of the Service used.
4.1.5 Pelanggan dapat mengajukan perubahan Layanan (baik upgrade maupun downgrade) setelah terlebih dahulu mengajukan permohonan tertulis kepada CBNCloud paling lambat 14 (empat belas) hari kalender kerja sebelum tanggal dimulainya Layanan yang diinginkan. Perubahan akan efektif pada hari pertama kerja di awal bulan dan Pelanggan wajib membayar segala pembayaran sebagai akibat dari adanya perubahan Layanan tersebut.4.1.5 Customer may request to change the service(either upgrade or downgrade), by priorly request made in writing to CBNCloud at the latest 14 (fourteen) calendar days prior the requested Service change date. Change shall be effective by the 1st (first) working day of the preceding month and Customer shall pay any costs required due to change of the Service requested.
4.1.6 Pelanggan berhak untuk menikmati segala manfaat dan keuntungan yang diperoleh melalui penyediaan Layanan ini sesuai dengan jenis Layanan masing-masing dengan memperhatikan hukum dan peraturan yang berlaku diwilayah hukum Republik Indonesia.4.1.6 Customer has the rights to enjoy the benefit of the Services in accordance with the respective Service’s and in accordance with the prevailing laws of the Republic of Indonesia.
4.2 Hak dan Kewajiban CBNCloud:4.2 CBNCloud Rights and Obligation
4.2.1 CBNCloud mempunyai kewajiban untuk menyediakan Layanan sebagaimana yang diperjanjikan.4.2.1 CBNCloud shall provide the Service according to This Terms and Conditions.
4.2.2 CBNCloud mempunyai kewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan setiap data, dokumen, informasi atau catatan-catatan dalam bentuk media apapun terkait dengan adanya Syarat dan Ketentuan ini, hal-hal yang dilingkupi dalam Syarat dan Ketentuan ini atau yang disebut sebagai “Informasi Rahasia” atau sehubungan dengan Pelanggan, kecuali untuk tujuan penyelidikan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia termasuk pejabat-pejabat hukum yang berwenang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang beralaku di Negara Republik Indonesia. Pengungkapan atas Informasi Rahasia tersebut akan diinformasikan kepada Pelanggan baik secara lisan maupun secara tertulis.4.2.2 CBNCloud shall not disclose or use any data, documents, information or records, in whatever form or medium, regarding the existence of this Terms and Conditions, the matters covered in this Terms and Conditions (the “Confidential Information”) or connected to the Customer, except for the purpose of police investigation by the Police of the Republic of Indonesia or other conditions pursuant of the prevailing laws and regulations if the disclosure of the Confidential Information required by the prevailing laws and regulations, then CBNCloud has to inform the Customer about such disclosure immediately.
4.2.3 CBNCloud berhak memutuskan Layanan yang digunakan oleh Pelanggan untuk sementara waktu sebagai akibat adanya Keadaan Kahar yang mana dapat membahayakan baik CBNCloud maupun Pelanggan termasuk belum dibayarnya kewajiban pembayaran atas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan.4.2.3 CBNCloud reserves the rights to temporary disconnect the service during or as a result of Force Majeure, which could harm CBNCloud or Customer or as the result of Custumer failure to settle the payment of the Service used by Customer
4.2.4 CBNCloud bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perbaikan sebatas pada kerusakan atau gangguan pada saluran dan fasilitas milik CBNCloud. Apabila kerusakan atau gangguan tersebut disebabkan oleh kesalahan, kesengajaan, termasuk kelalaian yang dilakukan oleh Pelanggan, maka CBNCloud berhak memungut biaya perbaikan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.4.2.4 CBNCloud responsible to conduct the maintenance and repair limited only to damage or interruption of facilities of the Service provided by CBNCloud, if the damage or interruption caused by the fault, or omission conducted by Customer, CBNCloud has the rights to charge of the repair fee in as agreed by Parties.
4.2.5 CBNCloud tidak bertanggung jawab atas kebenaran, kerahasian dan atau kualitas informasi-informasi yang disalurkan melalui fasilitas Layanan yang digunakan oleh Pelanggan.4.2.5 CBNCloud shall not be liable of the accuracy, confidentiality, or the quality of the Information was distributed by Customer using the CBNCloud Service.
4.2.6 CBNCloud tidak bertanggung jawab atas kerugian-kerugian yang dialami oleh Pelanggan yang diakibatkan oleh penggunaan fasilitas Layanan CBNCloud.4.2.6 CBNCloud shall not be liable for the damages incurrec by Customer caused by use of the Service.
Pasal 5
PENGAKUAN
Article 5
ACKNOWLEDGEMENT
CBNCloud hanya mengakui Syarat dan Ketentuan Berlangganan ini sebagai dasar perikatan dengan Pelanggan didalam penyediaan Layanan oleh CBNCloud, oleh karenanya apabila dikemudian hari terdapat perselisihan dengan pihak ketiga atau pihak manapun yang tidak berkepentingan dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka CBNCloud dibebaskan dari segala tuntutan hukum atau ganti kerugian secara materil dan imateril yang timbul sebagai akibat dari adanya perselisihan tersebut.CBNCloud only acknowledge this Subscription Terms and Conditions as its engagement base with the Customer in providing the Service therefore if in the future there have been dispute with another party or third party who is not authorized in this Terms and Conditions, CBNCloud shall be released from any legal claim or lawsuits arising out from such dispute.
Pasal 6
KEGIATAN YANG DILARANG
Article 6
PROHIBITED ACTIVITIES
Dalam penggunaan Layanan ini terdapat beberapa hal yang dilarang dan wajib ditaati oleh Pelanggan, adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:There are some Prohibited activities in using the Service, as follows:
6.1 Pelanggan dilarang menggunakan Hak Atas Kekayaan Intelektual secara sebagian ataupun menyeluruh yang dimiliki oleh CBNCloud termasuk pengguna atau pemakai yang turut menggunakan jasa layanan CBNCloud tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu oleh pihak yang bersangkutan.6.1 Customer is prohibited to use partially or in whole of intelectual property rights contained in this Terms and Conditions even the Intelectual property rights owned by CBNCloud or another user of the Service without written consent of the respective party
6.2 Pelanggan dilarang melakukan tindakan akses yang tidak sah termasuk tindakan hacking/spamming atau tindakan lain yang dapat menimbulkan gangguan atau tindakan yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu pengguna lain dalam pemakaian Layanan yang disediakan oleh CBNCloud.6.2 Customer shall not conduct any unauthorized access which may inflict damage including but not limited to hacking or spamming or any unauthorized measure that may cause disturbance to other user in using the Service
6.3 Pelanggan dilarang menyimpan, menyebarkan dan menggunakan materi yang mengandung, menyinggung, atau berhubungan dengan pornografi, sentimen suku, agama, ras dan antar golongan, perdagangan manusia, perjudian, serta tindakan lain yang secara umum bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.6.3 Customer is not allowed to save, to share, and to use any material contain, offend and related with pornografi, the sentiment of tribes, religion, human traficking, gambling, and any other measure that is in general contradict to the prevailing laws of the Republic of Indonesia
6.4 Pelanggan dilarang melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat membahayakan dan merugikan pihak lain yang turut menggunakan Layanan CBNCloud.6.4 Customers is prohibited from conducting activities are that may harm and damage other party who are using CBNCloud Service
6.5 Pelanggan dilarang untuk melakukan Pemalsuan Identitas dengan cara apapun sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pihak yang berkepentingan.6.5 Customer is prohibited to commit forgery of identity in any manner that causing inconvenience to the interested party
6.6 Pelanggan dilarang untuk melakukan tindakan yang menimbulkan gangguan pada infrastruktur, jaringan dan sistem CBNCloud.6.6 Customer is not allowed to perform any actions that cause interference on the infrastructure, network and system of CBNCloud
Pasal 7
JANGKA WAKTU LAYANAN
Article 7
TERMS OF THE SERVICES
7.1 Jangka waktu Layanan ini berlaku selama 12 (dua belas) bulan terhitung dari tanggal yang tercantum dalam Berita Acara Aktivasi (“Masa Layanan”)7.1 This Service’s is valid for 12 (twelve) months since from the date as stipulated in the Activation Report (The Service Period)
7.2 Masa Layanan sebagaimana yang dijelaskan dalam ayat 1 akan diperpanjang secara otomatis untuk 12 (dua belas) bulan berikutnya, dengan persetujuan dari Pelanggan dan akan diberitahukan secara tertulis dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari kalender sebelum berakhirnya Masa Layanan.7.2 The Service Period as described in subsection (1) will automatically extended for the subsequent 12 (twelve) months and Customer will be informed in 14 (fourteen) calender days prior to the expiration of the Service Period
Pasal 8
BIAYA DAN PEMBAYARAN
Article 8
FEE AND PAYMENT
8.1 Pelanggan memiliki kewajiban untuk membayar Biaya Pendaftaran dan Instalasi satu kali dimuka sebelum Layanan diaktifkan dan sesuai dengan faktur tagihan yang diterima oleh Pelanggan.8.1 Customer shall pay Registration and Installation Fee, which should be made in advance before the Services active and based on invoice received by the Customer.
8.2 Pelanggan memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas Biaya Berlangganan setiap bulannya berdasarkan faktur tagihan yang diterima Pelanggan dari CBNCloud dan wajib dilunasi paling lambat setiap tanggal 25 (dua puluh lima) bulan tersebut.8.2 Customer shall pay Subscription Fee each month, based in the invoice bill received by Customer from CMP and shall be paid no later than 25th (twenty fifth) of the month.
8.3 Setiap fasilitas tambahan atau perubahan fasilitas akan dikenakan biaya administrasi yang diperlukan sesuai dengan permintaan oleh Pelanggan.8.3 Extra Charge (plus administration fee required) for any extra service requested by Customer.
8.4 Keseluruhan biaya dan atau tarif yang dicantumkan dalam Syarat dan Ketentuan ini belum termasuk pajak yang akan menjadi tanggung jawab Para Pihak sesuai dengan ketetentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negera Republik Indonesia.8.4 All fees and/or cost stipulated on this Terms and Conditions exclude taxes and shall be borne by the Parties according to the prevailing laws and regulations.
8.5 CBNCloud berhak untuk melakukan pemutusan sementara terhadap Layanan beserta fasilitas-fasilias yang digunakan oleh Pelanggan, jika diketahui Pelanggan telah melakukan kelalaian berupa kewajiban pembayaran berdasarkan faktur yang diterima Pelanggan.8.5 CBNCloud berhak untuk melakukan pemutusan sementara terhadap Layanan beserta fasilitas-fasilias yang digunakan oleh Pelanggan, jika diketahui Pelanggan telah melakukan kelalaian berupa kewajiban pembayaran berdasarkan faktur yang diterima Pelanggan.
Pasal 9
PENGAKHIRAN PERJANJIAN
Article 9
TERMINATION OF THE SERVICE
9.1 Apabila sewaktu-waktu Pelanggan menginginkan pengakhiran Layanan sebelum tanggal berakhirnya Layanan, Pelanggan wajib terlebih dahulu memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sebelum tanggal berakhirnya Layanan dan wajib membayar Biaya Berlangganan untuk sisa bulan berjalan sampai dengan akhir jangka waktu Layanan.9.1 If the Customer wish to terminate the Service before the expiration of the Service Period, Customer shall give prior notification 14 (fourteen) calendar days before the end of the expiration date and shall pay total subscription fee for any period unused.
9.2 CBNCloud berhak untuk membekukan atau memutuskan Layanan sebelum Pelanggan menyatakan untuk berhenti berlangganan dalam keadaan :

9.2.1 Pelanggan lalai melunasi kewajibannya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh CBNCloud
9.2.2 Pelanggan telah melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana telah diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini
9.2.3 Adanya permintaan dari pejabat penyidik negara guna kepentingan penyidikan sesuai peraturan dan hukum yang berlaku di Republik Indonesia

9.2.4 Pembekuan atau pemutusan layanan akan diikuti/didahului dengan pemberitahuan/peringatan kepada Pelanggan.

9.2 CBN has the rights to suspend or terminate the Internet Service under the Following condition:
9.2.1. Customer’s negligence to paying obligations in accordance with the procedures specified by the CBNCloud
9.2.2. Customers have been violations of restrictions as is stipulated in the Terms and Conditions;
9.2.3. request has been made by Indonesian authority which required for official investigation of serious criminal action or any violation of Indonesian Laws.
9.2.4. Notification shall be made prior to disconnection9.3 Segala hak dan kewajiban yang masih menjadi tanggung jawab Masing-masing Pihak yang belum terselesaikan dan telah timbul sebelum diakhirinya Syarat dan Ketentuan tetap menjadi tanggung jawab Masing-masing Pihak untuk menyelesaikannya.9.3 Any rights and obligations of each of the Parties which have not been exercised or fulfilled, shall remain the responsibilities of each Party.
9.3 Segala hak dan kewajiban yang masi hmenjadi tanggung jawab Masing-masing pihak yang belum terselesaikan dan telah timbul sebelum diakhirinya Syarat dan Ketentuan tetap menjadi tanggung jawab Masing-masing Pihak untuk menyelesaikannya.9.3 Any rights and obligations of each of the parties which have not been exercised or fulfilled, shall remain the responsibilities of each Party.
9.4 Atas pengakhiran Layanan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer).9.4 The Parties agree to expressly waive the provisions of article 1266 and 1267 of the Indonesian Civil Code
Pasal 10
HUKUM DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Article 10
APPLICABLE LAW AND DISPUTE SETTLEMENT
10.1 Isi dan pelaksanaan ketentuan ini tunduk kepada peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah jurisdiksi Republik Indonesia.10.1 Clause dan the implementation of the Terms and Conditions shal governed under the law of the Republic of Indonesia.
10.2 Setiap perselisihan yang timbul antara CBNCloud dan Pelanggan akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat antara kedua pihak tanpa melibatkan pihak ketiga manapun yang tidak berkepentingan langsung.10.2 Any dispute between CBNClod and Customer, arising from or in connection with this Terms and Conditions (”dispute”), shall be settled by mutual discussions between the Parties.
10.3 Apabila CBNCloud dan Pelanggan tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka CBNCloud dan Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan10.3 If CBNCloud and Customer can not settle such dispute by mutual discussion, CBNCloud and Customer agreed to settle such dispute through South Jakarta District Court
Pasal 11
KETENTUAN LAIN-LAIN
Article 11
MISSCELLANEOUS PROVISION
11.1 Keadaan Kahar
Masing-masing Pihak tidak dapat diminta pertanggungjawabannya untuk keterlambatan atau kegagalan untuk memenuhi kewajibannya, yang disebabkan oleh hal-hal diluar kekuasaan Para Pihak, seperti :
a. Bencana alam, kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor;
b. Wabah penyakit;
c. Perang, perang saudara, pemberontakan, huru-hara, penjarahan masal, sabotase, peledakan bom, pemogokan buruh atau blokade;
d. Pengambilalihan atau penyitaan perusahaan oleh Pemerintah atau otoritas yang berwenang, dan;
e. Pemberlakuan atau perubahan peraturan perundang-undangan ;
Yang kesemuanya memiliki pengaruh langsung terhadap pelaksanaan
ketentuan Syarat dan Ketentuan.
Apabila Pihak yang mengalami terjadinya Keadaan Kahar, setelah melakukan upaya yang maksimal tetap tidak dapat melaksanakan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, maka Para Pihak akan melakukan perundingan untuk mengatasi masalah tersebut untuk mencapai solusi yang saling menguntungkan bagi Para Pihak.
11.1 Each of the Parties is not liable for the delay or failure to fulfill its responsibility, caused by the following matters:
a. Natural disaster, fire, earthquake, flood, landslide;
b. An epidemic disease;
c. War, civil war, rebellion, riots, lootings, sabotage, bombings, disturbance as the result of terrorism act;
d. Company take over or confiscation by the Government or the authority, and;
e. The enforcement or amendment of laws and regulations;
All which have a direct effect toward the implementation of the terms and conditions of this This Terms and Conditions.
On the event where a Party experiencing force majeure, soon after taking maximum measurements and still is unable to tulfill the Terms and Conditions, therefore the Parties shall conduct a negotiation to resolve the problem for the best solution for both Parties.
11.2 Kerahasiaan
Masing-masing Pihak mengetahui bahwa setiap informasi yang diperolehnya mengenai atau terkait dengan kegiatan usaha Pihak lawannya yang diterima sebagai akibat dari pelaksanaan Syarat dan Ketentuan adalah merupakan informasi rahasia atau informasi yang mungkin dianggap Pihak lawannya sebagai informasi rahasia. Oleh karena itu masing-masing Pihak wajib menjaga kerahasiaan informasi tersebut dan tidak akan, tanpa persetujuan Pihak lawannya, membukanya kepada pihak ketiga lainnya untuk maksud apapun selain yang diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
11.2 Confidentially
Every Party who knows that every Information obtained regarding or related to the activity of its counterpart, which was received as the effect of the conduct of this Contract is the information under secrecy of the information, which may consider by the counterpart under secrecy. Therefore each Party must preserve the secrecy of the information and shall not, without the consent of the other Party (the counterpart) disclose the information to the third party for any purpose other than which was permitted to by the prevailing Law.
11.3 Terjemahan Bahasa Inggris dari Syarat dan Ketentuan ini dibuat hanya untuk membantu Pelanggan mengerti isi Syarat dan Ketentuan. Oleh karena itu apabila disuatu hari ada permasalahan yang timbul maka Para Pihak sepakat bahwa Syarat dan Ketentuan dengan bahasa Indonesia yang berlaku dan mengikat bagi Para Pihak .11.3 The English translation of This Terms and Conditions is made to assist Customer in understanding the content of This Terms and Conditions If Any dispute arise regarding the execution of This Terms and Conditions, The Parties shall agree that the bahasa Indonesia version shall govern and bind to The Parties
SERVICE LEVEL AGREEMENTSERVICE LEVEL AGREEMENT
UNTUK SISTEM PEMBAYARAN POSTPAID
Pasal 12
FOR POSTPAID PAYMENT SYSTEM
Article 12
12.1 CBNCloud memberikan jaminan kepada Pelanggan untuk dapat menggunakan Layanan selama 24 (dua puluh empat jam) setiap harinya, dengan kondisi layanan minimal 99,5%, atau maksimal total downtime 3 jam 36 menit setiap 30 (tigapuluh) hari kalender12.1 CBNCloud will guarantee the Customer to use the CBNCloud Service for 24 (twenty four) hours each days, with the Srvice condition of a minimum 99,5% (ninety nine point five percent) or a maximum total downtime of 3 hours 36 minutes every 30 (thirty) calendar days
12.2Pelanggan berhak untuk mendapatkan penyesuaian tagihan atau restitusi apabila terjadi downtime yang akan diperhitungkan pada tagihan bulan berikutnya dengan perhitungan penyesuaian sebagai berikut
SLB = (hM – Dt) x 100%
hM
R = ( SLA – SLB) x MC
Dt = jumlah downtime (jam/menit) dalam satu bulan kalender
hM = jumlah waktu (jam/menit) dalam satu bulan kalender
MC = biaya bulanan
SLB = Service Level yang terjadi perbulan
SLA = Service Level Agreement (99,5%)
R = Jumlah Restitusi yang diberikan
12.2 The Customer is entitled to a fee adjustment in downtime occured, which will be calculated in the subsequent month’s fee with the formula as follows :
SLB = (hM – Dt) x 100%
hM
R = ( SLA – SLB) x MC
Dt = the amount of downtime (hour/minute) in one month calendar
hM = amount of time (hour/minute) in one month calendar
MC = Monthly Charge
SLB = Actual service level permonth
SLA = Service Level Agreement (99,5%)
R = Amount of restitution given
12.3 Restitusi yang dimaksud dalam ayat ini tidak berlaku dalam hal keadaan Force Majeure dan downtime disebabkan kelalaian Pelanggan12.3 Restitution as mentioned in this provision shall not prevail in Force Majeure event and in the event that the downtime is caused by Customer negligence .
12.4 Pelanggan wajib memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 30 hari dan sesegera mungkin memberitahukan via email, faksimili maupun telepon sejak terjadinya downtime12.4. The Customer shall give a written notification not later than 30 days and immediately inform via email, faximile or phone since the downtime occured
12.5 Restitusi hanya dapat dihitung pada waktu dimana downtime terjadi12.5. The restitution shall only be calculated in time when the downtime occured
12.6 Restitusi dikompensasikan sebagai penyesuaian kredit pada tagihan bulan berikutnya12.6 Restitution will be compensated as the fee adjustment on the subsequent monthly invoice
UNTUK SISTEM PEMBAYARAN PREPAID
Pasal 13
FOR POSTPAID PAYMENT SYSTEM
Article 13
13.1. CBNCloud memberikan jaminan kepada Pelanggan untuk dapat menggunakan Layanan CBNCloud selama 24 (dua puluh empat jam) setiap harinya, dengan kondisi layanan minimal 99,5%, atau maksimal total downtime 3 jam 36 menit setiap 30 (tigapuluh) hari kalender13.1. CBNCloud will guarantee the Customer to use the CBNCloud Service for 24 (twenty four) hours each days, with the Srvice condition of a minimum 99,5% (ninety nine point five percent) or a maximum total downtime of 3 hours 36 minutes every 30 (thirty) calendar days
13.2 Pelanggan berhak untuk mendapatkan penambahan masa berlangganan atau restitusi apabila terjadi downtime lebih dari Service Level Agreement yang diberikan dengan perhitungan sebagai berikut:
R = Dt – DtSLAmax
R = Penambahan masa berlangganan (dalam hitungan jam-menit-detik)
Dt = Jumlah downtime yang terjadi selama berlangganan (dalam hitungan jam- menit-detik)
DtSLAmax = jumlah maksimal downtime yang dijanjikan menurut Service Level Agreement dikalikan jumlah bulan masa berlangganan sesuai jenis paket prabayar yang digunakan (dalam hitungan jam-menit-detik)
Apabila jumlah penambahan masa berlangganan kurang dari 24 jam, maka penambahan masa berlangganan yang diberikan adalah selama 1 (satu) hariContoh:
Pelanggan A berlangganan layanan dengan prabayar paket 1 bulan
Downtime yang terjadi selama Pelanggan A berlangganan adalah 5 jam 36 menit
Maka perhitungan penambahan masa berlangganan yang diperoleh A adalah sebagai berikut
Dt = 5 jam 36 menit/DtSLAmax = 3 jam 36 menit x 1 = 3 jam 36 menitPenambahan masa berlangganan adalah
R = Dt – DtSLAmax
= 5 jam 36 menit – 3 jam 36 menit = 2 jam
Dikarenakan R = 2 jam = kurang dari 24 jam, maka penambahan masa berlangganan yang diberikan adalah selama 1 (satu) hari
13.2. The Customer shall be entitled to subscription period extention or restitution if downtime occured more then the guaranteed Service Level Agreement , which will be calculated with the formula as follows :
R = Dt – DtSLAmax
R = subscription period extention (hour-minute- second based)
Dt = amount of downtime occured during subscription period (hour-minute- second based)
DtSLAmax = /maximum amount of downtime guaranteed based on the Service Level Agreement multiplied by amount of months according to prepaid packages used
If the subscription period extention less than 24 hours, then the subscription period extention given will be 1 dayExample:
Customer A is subscribing a 1 month prepaid packages service
Occured downtime during Customer A subscription period is 5 hours 36 minutes
the calculation of subcription period extention given to A is as follows
Dt = hours 36 minutes
DtSLAmax = 3 hours 36 minutes x 1 = 3 hours 36 minutessubcription period extention shall be
R = Dt – DtSLAmax
= 5 hours 36 minutes-3 hours 36 minutes = 2 hours
Due to the reason that R = 2 hours = less then 24 hours, the subscription period extention shall be 24 hours
13.3. Restitusi yang dimaksud dalam ayat ini tidak berlaku dalam hal keadaan Force Majeure dan kerusakan disebabkan kelalaian Pelanggan13.3. Restitution as mentioned in this provision shall not prevail in Force Majeure event and in the event that the downtime is caused by Customer negligence
13.4. Pelanggan wajib memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 30 hari dan sesegera mungkin memberitahukan via email, faksimili maupun telepon sejak terjadinya downtime13.4. The Customer shall give a written notification not later than 30 days and immediately inform via email, faximile or phone since the downtime occured
13.5. Restitusi hanya dapat dihitung pada waktu dimana downtime terjadi13.5. The restitution shall only be calculated in time when the downtime occured